Mahalkah ke dokter gigi

Berapa Biaya Ke Dokter Gigi yang Harus Dikeluarkan?

Saya yakin, sebagian besar Ayah Bunda sudah Hatam dan hafal apa saja yang membuat gigi berlubang, tapi biasanya hanya dihafalkan tanpa melakukan inisiatif perubahan untuk membuat giginya lebih baik.



Pasti Ayah Bunda sudah tahu kalau permen, coklat, makanan minuman manis akan membuat gigi siapapun berlubang, kecuali Ayah Bunda dan keluarga dianugerahi struktur gigi yang kuat serta alat tempur pertahanan bakteri dalam rongga mulutnya hebat-hebat. Tapi apakah Ayah Bunda sudah berusaha meminimalkan konsumsi makanan dan minuman tersebut? J tampaknya masih belum kan yaa?

Sekarang kita putar balik arah berpikirnya yaa? Kalau berpikir dari pencegahan kan biasanya malas dan gak terlalu perduli? Hehehe..Sekarang kita coba berpikir dari Harga berobat ke dokter gigi, dalam hal ini berobat ke dokter gigi yang Medium up to high price yaa. Karena klinik jenis ini biasanya memiliki fasilitas dan tenaga dokter gigi yang sudah lengkap. Jangan dibandingkan dengan harga di puskesmas yaa Ayah Bunda, kecuali mungkin mau membandingkan dengan puskesmas di tengah kota besar. Karena kalau puskesmas kan didanai pemerintah, jadi harap maklum kalau harganya lebih murah.

Oke, kita hitung dulu kerugian akibat kelalaian kita dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Kita bahas gigi dewasa dulu yaa..mulai dari gigi ompong, gigi palsu, penambalan sederhana, penambalan kompleks, dan lain-lain.

1.       Pernah mendengar Gigi yang ditanam? Sudah tahu harganya berapa? Sudah tahu keuntungan dan kerugiannya? Hihi, jangan kaget yaa..untuk gigi yang ditanam atau bahasa dokter gigi nya adalah gigi implan diperlukan dana lebih dari Rp. 10 jt per satu gigi. Jadi Ayah Bunda bisa menghitungnya sendiri kalau hilang beberapa gigi, tinggal dikalikan saja. Lumayan bisa dapat satu Kavling tanah He.he. masing-masing klinik dokter gigi bisa bervariasi dalam menerapkan harganya, bisa Rp. 12 jt, 15 jt, 20 jt, tergantung dari bahan material yang dipakai. J

2.       Apakah Ayah Bunda kira implan berhenti di harga segitu? Ahahaha, beluum..harga tersebut biasanya belum mencakup mahkota atau gigi utamanya, baru implannya saja. Nanti dilain kesempatan kita belajar sama-sama tentang implan gigi yaa. Berapa harga mahkota gigi implannya? Kira-kira biasanya dokter gigi memberikan harga mulai dari Rp. 1 jt ke atas, tergantung dari teknologi dan material yang digunakan. “MURAH” banget kaan?

3.       Okelah kalau Ayah Bunda merasa terlalu mahal untuk menggunakan gigi yang ditanam, kita beralih ke gigi palsu yang dapat dilepas pasang. Bahannya berbagai macam dan jenis, kalau dibahas masing-masing tentunya bakalan puaanjaang. He.he. tapi saya informasikan dulu harga gigi palsu di dokter gigi, biasanya dimulai dari harga Rp. 600rb – Rp. 10 jt, kenapa perbedaan harganya sangat mencolok? Pedih di mata yaa!! J harga gigi palsu tersebut biasanya bervariasi tergantung dari jumlah gigi yang hilang, jenis bahan yang digunakan, ataupun desain alat gigi palsu itu sendiri. Tapi apakah semahal itu akan menjamin rasanya nyaman dan seenak gigi asli?? Hmmmm..let’s see on next chapter.. J

4.       Apa yang dimaksud dengan perawatan saluran akar gigi? Pernahkah Ayah Bunda mendengar istilah perawatan saluran akar gigi? Hmm..kalau dibahas teknisnya butuh waktu lebih lama, nanti kita bahas di topik khusus perawatan saluran akar gigi (endodontik). Kita bahas dulu dari segi harga perawatan saluran akar gigi dulu yaa. Rata-rata seorang endodontis (spesialis yang melakukan perawatan saluran akar gigi) biasanya memberikan harga lebih dari Rp. 2 jt untuk satu gigi, bisa lebih dari harga tersebut apabila saluran akar gigi Ayah Bunda memiliki struktur yang menyulitkan. Lagi-lagi, biasanya biaya tersebut belum termasuk pembuatan mahkota gigi lhoo..Dahsyat kan?
5.       Nah, kalau gigi yang dipasang jaket pasti sudah akrab di telinga kan? Atau gigi yang disarungin? Atau mahkota jaket gigi? Fungsinya untuk menutupi gigi yang lubangnya terlalu besar, atau menutupi gigi yang patah sebagian. Harga gigi palsu tipe cekat ini biasanya berkisar dari Rp. 600rb – 3 jt per satu gigi. Lagi-lagi variasi harga ini tergantung dari jenis alat dan bahan yang digunakan oleh dokter gigi di masing-masing klinik. Lumayan bukan?

6.       Berapa harga penambalan gigi yang berlubang? Biasanya di kota-kota besar rata-rata dokter gigi memberikan harga mulai dari Rp. 100 rb-600 rb per satu gigi. Apa yang membedakannya? Pertama, besarnya lubang pada gigi Ayah Bunda akan menentukan harga yang dikenakan, kedua bahan yang digunakan apakah bahan yang estetik, logam ataupun jenis lainnya. Itupun kalau lubang pada gigi Ayah Bunda ukurannya kecil dan tidak diperlukan perawatan dulu. Bisa pula dikatakan lokasi menentukan harga!! Misalnya untuk penambalan gigi depan yang estetik bisa lebih mahal, penambalan gigi yang belakang dan susah dicapai posisi penambalannya juga bisa lebih mahal.
7.       Harga yang biasanya gak terlalu mahal adalah pencabutan gigi, biasanya dimulai dari Rp. 100rb – Rp. 700rb. Tergantung tingkat kesulitan pencabutan, lain ceritanya bila yang dilakukan adalah pencabutan gigi bungsu, atau geraham terakhir yang biasanya tumbuh di atas usia 20 tahun. Untuk pencabutan gigi bungsu ini biasanya diperlukan biaya Rp. 1,5jt – Rp. 3jt. Karena seringkali memerlukan tindakan pembedahan secara lokal.

Nah, lumayan kan harganya? Itu baru per satu gigi lhoo..kalau Ayah Bunda masih belum terlalu peduli dengan kebersihan dan kesehatan gigi mulutnya, berarti Ayah Bunda harus menabung dari sekarang. Kecuali Ayah Bunda memilih giginya ompong di usia senja, itupun tetep harus menabung minimal untuk gigi palsu yang dilepas pasang, tapi apakah akan nyaman menggunakannya? He.he
Tambah malas kan ke dokter gigi? He.he.Percayalah, Ayah Bunda bisa menghindari semua biaya tersebut hanya dengan cara merawat dengan baik di rumah, tentunya setelah konsultasi dengan dokter gigi. Karena,seringkali masyarakat kita belum paham bagaimana cara pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang baik, penyikatan giginya seringkali masih salah.

Oh iya, Harga-harga yang saya sebutkan diatas hanya harga perkiraan saya pribadi yaa, setelah bertanya ke teman-teman dokter gigi yang lainnya, ataupun setelah membandingkan beberapa harga dokter gigi di kota-kota besar. Jadi akan sangat bervariasi, harga di rumah sakit swasta pun akan berbeda. Karena harga berobat di Indonesia ini masih bersifat bebas aktif, jadi tak bisa memberikan kepastian harga. J


Semoga bermanfaat yaa..

Comments