Bahaya Antibiotik

Baru membaca Halo sehat tentang bahaya antibiotik pada anak, jadi ingin membahasnya di sini. Saya tidak ingin membahas efek samping, kegunaannya, cara bekerja antibiotik dan tetek bengeknya. Karena butuh waktu bertahun-tahun untuk membuat kita memahaminya, wkwkwkwk

Antibiotik, yup..sebuah kata yang menurut saya kitos semua sudah akrab mendengarnya. karena pasti kitos setidaknya pernah meminumnya satu butir dalam seumur hidup. hihihihi, saya hadir bukan untuk memerangi perusahaan farmasi, bukan pula untuk mengurangi penghasilan dokter umum / dokter gigi / dokter spesialis yang hidup dari berdagang obat.

Karena mereka semua adalah sejawat saya, saudara saya..

Tapi, hanya sekedar mengingatkan kitos untuk lebih cerdas dalam menghadapi berbagai macam pengobatan yang diberikan dokter. Bukan untuk merendahkan profesi dokter, tapi untuk setidaknya kitos dapat mencerna apa yang disampaikan dokter, dan dapat diskusi dalam posisi yang sejajar dengan dokter kitos.

Anak kitos pernah demam tinggi? demam diatas 38, 5 C? atau pernah mencret-mencret yellow smuchi..muchi?? Batuk lama? flu berat? sakit gigi? dan lain sebagainya..

sebagian dari kitos mungkin disarankan untuk minum beberapa jenis obat, dan biasanya kalau kitos tinggal di republik indonesia ini, maka seringnya di salah satu jenis obat yang kitos minum ada obat antibiotik. yaaa tergantung kondisi penyakit yang diderita kitos semua.. :p

Saya sarankan, lebih baik dan mungkin alangkah lebih cerdasnya andaikan kitos membaca semua penyakit yang berkaitan dengan diagnosa sementara dari dokternya, termasuk alternatif perawatannya, bukan untuk membuat kitos menjadi merasa diatas angin dan meremehkan dokternya, tapi untuk berdiskusi dengan baik bersama dokternya. bacaannya pun jangan sembarang baca, harus jelas sumbernya, harus jelas penulisnya.

Antibiotik pada dasarnya memiliki berbagai macam bentuk, fungsi, dan kegunaan, tentunya disertai efek samping.

Bila terdapat obat antibiotik di resep kitos, sebaiknya kitos tanyakan ke dokternya, obat antibiotik ini jenisnya apa, fungsinya apa, efek sampingnya apa, apa ada pilihan obat yang lainnya, misalnya obat dengan golongan antibiotik yang lebih ringan? apalagi bila obat antibiotik yang diberikan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jangan sembarang konsumsi obat antibiotik, ikutilah anjuran dokter. kalaupun kitos mau berdebat dengan dokternya, berdebatlah dengan bahasa yang baik, atau kalau kitos ragu dengan terapi yang diberikan dokternya. Gunakanlah hak kitos untuk bertanya ke dokter yang lain untuk membandingkan perawatan lainnya. (second opinion)

Anggaplah antibiotik itu bom nuklir di tubuh kitos, sekali memakannya maka bakteri yang menguntungkan pun ikutan mati. kasiaan kan anak kitos kalau terus-terusan dihajar antibiotik, apalagi kalau ternyata sebetulnya perawatannya tak memerlukan antibiotik.

tinggal buka halo sehat yaa kalau mau baca lebih berat..he.he.

Comments