Gigi Anak saya bengkak? Kenapa ya?

Pernah mengalami gigi bengkak? sakit? hadaaaawww pasti maknyus deh rasanya sakit gigi, apalagi sampai bengkak..Kenapa gigi bisa bengkak? sebenarnya sii bukan giginya yang membengkak tapi, gusinya yang jadi bengkak tapi penyebabnya yaa dari gigi dan sekitarnya..

Penyebab utama gigi bengkak dan sakit yaa sebagian besar karena gigi berlubang dan lubangnya sudah sampai terlalu dalam sehingga infeksi menyebar pada bagian ujung akar gigi, sebagian lainnya karena ada makanan yang nyangkut atau impaksi makanan bahasa kerennya mah..

Kebayang kan kalau bengkaknya terjadi pada gigi anak kecil? rasanya tentu sesuatu banget, lalu apa yang harus dilakukan kalau gigi anak anda bengkak?

1. Segeralah bertobat, hahahah, karena pada umumnya kalau gigi anak anda menjadi bengkak yaa dikarenakan kita sebagai orangtua gak memeliharanya dengan baik, paling ujung-ujungnya menyalahkan permen, padahal yang  memberikan uang jajan yaa kita-kita juga kan,hahahah..jangan salahkan anaknya, karena gigi anak kita sampai usia SD masih sepenuhnya tergantung sama orangtuanya..

2. Jangan panik, berikanlah obat penahan sakit yang ada dirumah, boleh dengan obat penurun panas yang biasa digunakan oleh anak, karena didalamnya mengandung pereda rasa sakit..

3. sesegera mungkin ke dokter gigi, jangan dianggap sepele, karena bengkak pada gigi anak bisa meluas ke daerah leher, bisa juga menyebabkan kerusakan tulang lainnya, karena bengkak pada gigi banyak diagnosanya.

pada saat ke dokter gigi, khususnya spesialis dokter gigi anak (Sp.KGA) biasanya dilakukan tindakan pembersihan jaringan yang terinfeksi, lubang dibersihkan, isi (dalaman gigi) di sterilkan , dan diperlukan beberapa kunjungan untuk meredakannya, itu kalau gigi anaknya di diagnosis sebagai ABSES yaa, kalau sudah bersih baru kemudian dokter gigi anak akan menambalnya dengan tambalan permanen, kalau giginya sudah terlalu rusak biasanya dilakukan pencabutan gigi yang infeksi.

Gigi susu / sulung yang rusak pada usia anak akan menyebabkan berbagai macam permasalahan di kemudian hari, misalnya gangguan pertumbuhan benih gigi permanen (pengganti gigi susu), gigi yang berjejal atau berantakan, rahang yang tidak tumbuh dengan baik, dan lain-lain..

Gambar menunjukkan hasil perawatan gigi susu yang mengalami abses, dilakukan perawatan dalam 3 kali kunjungan dengan obat-obatan khusus dan tindakan pembuangan jaringan gusi (insisi) untuk mengeluarkan abses. di bagian gusi terlihat bintik putih dan ada bengkak pada gusi, bagian putih tersebut biasanya berisi cairan nanah (mirip isi jerawat), namun setelah dilakukan perawatan gusi menjadi sehat kembali dan gigi penyebab infeksi / abses tersebut telah diberikan penambalan permanen dari bahan komposit.
sebelum perawatan


 sesudah perawatan

semoga membantu memberikan informasi mengenai abses dan bengkak pada gigi anak anda yaa sob..

Comments