Perawatan Gigi Anak

Kapan anak bisa dibawa ke dokter gigi?
Pada dasarnya anak boleh dibawa kapan pun ke dokter gigi, namun yang terpenting adalah kapan anak bisa mulai diajak bekerjasama dengan dokter gigi, pada anak usia dibawah tiga tahun akan cukup sulit untuk bisa bekerjasama dengan baik karena perkembangan usia mental yang masih belum "compromize".

Hal yang bisa dilakukan oleh bunda adalah mengajak anak usia tersebut hanya untuk melihat ayah bundanya diperiksa, sehingga tanpa disadari secara tidak langsung mengajarkan anak untuk mengenal suasana di ruang dokter gigi, secara bertahap dan rutin dilakukan, minimal saat pembersihan karang gigi ayah bundanya. Perlahan anak akan merasa nyaman untuk pergi ke dokter gigi.

Bagaimana merawat gigi anak di usia 3 tahun ke bawah? beberapa hal yang patut diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Hindari kebiasaan menggunakan botol susu sampai tertidur, terutama saat menggunakan susu formula.
2. Bunda dapat menggunakan kain kassa bersih yang dibasuh dengan air hangat matang, untuk menghilangkan sisa makanan pada saat anak sudah tertidur.
3. anak 2 tahun sudah boleh diperkenalkan dengan sikat gigi, namun dihindari menggunakan pasta gigi dewasa, hanya diperkenalkan dan diperlihatkan fungsinya.
4. Pembersihan di waktu malam hari sangatlah penting, karena sisa makanan yang menumpuk terutama yang manis akan menyebabkan pertumbuhan bakteri perusak gigi semakin banyak.
5. Kurangi makanan yang manis dan lengket.
6. Ajaklah berkunjung ke dokter gigi bersama orang tuanya secara rutin untuk memperkenalkan suasana dokter gigi walaupun giginya terlihat bersih dan sehat, karena lubang gigi terkadang tidak terlihat oleh mata orang awam, selain itu dokter gigi anak akan menjelaskan mengenai pergantian gigi sulung ke gigi dewasa dan melihat secara keseluruhan proses tumbuh gigi dan rahang anak bunda.
7. sediakanlah buku mengenai kesehatan gigi di rumah bunda, sekarang banyak tersedia di toko buku,pilihlah yang sesuai dengan keinginan anak dan ajaklah untuk memahami pentingnya kesehatan gigi dan mulut yang dipelihara sejak kecil.

semoga saran diatas membantu bunda dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut anak bunda tercinta. memelihara jauh lebih murah daripada mengobati, percayalah..percayalah..

Sumber gambar : http://mekdental.com/?page_id=354

Comments