@puskesmas cikutra

setiap hari rasany sering ngeliat puskesmas cikutra ini, karena memang rumah yang satu wilayah, setiap hari pula kayaknya pasien selalu banyak, dan selalu terjadi di setiap hari dan tampaknya seluruh puskesmas di negeri ini bernasib sama, dijejali pasien setiap harinya..


yang lucunya kadang, pasien yang datang cuma yang itu2 terus, flu, batuk, pegel2, demam ringan, masuk angin, dan lain2, berputar di area yang sama..entah apa penyebab masyarakat yang berkunjung itu-itu terus, apa masyarakat yang keenakan karena fasilitas murah, entah karena lingkungan pendidikan masyarakat yang masih belum mengerti bagaimana hidup sehat..

terkadang, ada beberapa pasien yang datang meminta dengan seenaknya untuk dikeluarkan izin sakit, ada yang minta untuk satu hari kebelakang, ada yang satu minggu, ada yang bahkan minta buat 3 bulan (cerita dari puakesmas lain)..bahkan dengan gampangnya pasien menyebut saya bayar deeh..berapa sii bayarnya?
tentunya puskesmas yang baik, gak akan mau mengeluarkan suratnya, termasuk di cikutra ini, barusan ada yg minta surat sakit buat hari kemaren, tapi ditolak dengan cara yang baik dan tegas, syukurlah bila semua puskesmas melakukannya..

semenjak tahun 2011 kayaknya puskesmas cikutra telah mengalami renovasi, menjadi lebih nyaman dan enak dilihat, di tahun2 sebelumnya puskesmas cikutra dengan cat hijaunya terlihat kumuh, kusam, tapi ini dari luar saja, entah bagaimana dalamnya saat itu, saat ini semua tampak cukup nyaman dan tertata..sirkulasi dan pencahayaan terlihat sangat baik..

ada satu yang jadi sorotan, lahan parkir yang cukup terbatas, walaupun mungkin hal ini tidak terlalu penting, tapi saya rasa bila memang puskesmas ingin menjadi sentra pelayanan kesehatan terdepan, maka alangkah lebih baiknya fasilitas ditingkatkan, agar supaya yang datang ke puskesmas itu bukan hanya orang dari kalangan bawah, :) di puskesmas cikutra ini hanya tersedia parkir motor, kecil, kemudian di depannya sudah langsung jalan raya dan itupun dikuasai angkutan umum yang mangkal disitu, jadi kalau mau kesini yaa sebaiknya jalan kaki atau bawa motor saja..

saya bermimpi bahwa suatu saat puskesmas itu benar-benar menjadi tempat pelayanan keaehatan terdepan yang modern dan profesional, bukan hanya suatu pelayanan kesehatan alakadarnya..suatu tempat yang mampu mengedukasi pasien dari kalangan apapun sehingga masyarakat negeri ini terhindar dari penyakit yang tidak penting..

entah kapan mimpi itu terwujud, 100 tahun pun rasanya belum bisa, karena sebagian besar pemimpin di negeri ini memiliki pemikiran mundur ke belakang atau yang terbaik pun hanya jalan di tempat dan menikmati kekuasaan yang mereka pegang..
tapi MIMPI harus tetap ADA..

Comments