awwww..Gigiku sakit!!! harus diapain yaaa??? (2)

"Begini kaseep...kalo dari cerita singkat Agus, saya bisa sedikit tahu..mungkin gigi Agus dulunya berlubang, terus gak ditambal-tambal, kemudian setiap harinya si kuman terus-menerus menambah pasukannya buat ngabisin isi gigimu...!!" jelas pak dokter dengan singkat.

"Hahh...gigi emang ada isinya yaa.." maklum, Agus kan termasuk salah satu dari 220 juta penduduk Indonesia yang kurang peduli sama masalah gigi..nyang penting bisa ngunyah makanan dan nikmatin betapa lezatnya sambel-sambel di warung...apalagi kalo ibunya yang masak..mmm..betapa nikmatnya..manalah dia tahu Gigi ada isinya..

"Iyaa Gus..gigi tuuh seperti ini.." kemudian dokternya menunjukkan gambar dari laptop yang selalu standby di meja.

"nah, gigi tu dari atas luar dan ke bawah dalam terbentuk dari :
Crown-mahkota, merupakan bagian terluar gigi dan terdiri dari struktur yang paling kuat, jangan salah kecil-kecil begini, gigilah yang merupakan struktur paling kuat dalam tubuh manusia, tulang kaki pun kalah. karena di mahkota inilah ada Enamel sebagai pelindung bagian dalam.
Dentine-dentin, kalo yang ini adalah bagian dalam gigi, aka lapis keduanya gigi yang lebih lunak..hampir sebagian besar gigi ini terdiri dari dentin, terus di bagian dentin ini terdapat kayak pori-pori tapi bentuknya tabung. nah si pori-pori inilah yang bisa nyampein rasa dingin, ngilu, panas, dll ke syaraf dan pembuluh darah yang ada di bagian lebih dalam lagi...liat gambarnya biar gak pusing. :)
Soft Pulp-ruang pulpa, bentuknya seperti sebuah ruangan atau kamar kadang disebutnya Pulp chamber. disinilah syaraf-syaraf gigi berkumpul bareng-bareng sama pembuluh darah yang gunanya buat ngasih suply makanan ke bagian luar gigi..biar gigi tetep kuat. keren kan, sekalipun luarnya paling keras tapi ternyata dalamnya rapuh dan lunak.. :) pembuluh syaraf di gigi ini nyambung ke bagian sistem syaraf di badan kita yang pusatnya ada di otak lewat ujung-ujung saluran akar gigi kayak di gambar..(ituu tuuh ujung bawah gambar kan kayak runcing terus ada warna merah, nah aslinya tuh yang warna merah terus ada sambungannya ke sistem syaraf..kebayang kan :) Kuman-kuman doyan banget niih sama nutrisi yang harusnya buat bagian luar gigi itu..yummmy...
Nah, Agus bisa ngerasa kesakitan karena Agus gak pernah menambal bagian luarnya nya, jadi ruang syarafnya udah kebuka, sakit nyut-nyutan deeh, kalo dibiarin terbuka, makanan semakin menumpuk, dan bakteri pun semakin berkembang biak, terjadilah pembengkakan karena racun-racun yang dikeluarkan bakteri, tambah bengkak karena sisa makanan yang numpuk tadi menghalangi racunnya keluar ato kita kenal dengan abscess yang isinya nanah hasil dari pembusukan makanan...kalo dibiarin bakalan terus membesar tergantung daya tahan tubuh Agus..
Root-akar gigi, selain ada mahkotanya (kayak raja aja yaa punya mahkota) gigi juga terdiri dari akar dan tiap-tiap gigi memiliki posisi dan jumlah akar yang berlainan, kalo gigi yang Agus lagi kesakitan jumlahnya ada dua akar kayak digambar, karena gigi bawah sebagian besar ada dua akar giginya, kalo gigi depan hanya satu akar, lain lagi sama gigi geraham atas, kalo yang ini ada tiga akarnya. :)
Teeth cement's-jaringan semen, akar yang ada dibawah kemudian diseliputi sama jaringan keras bernama sementum biar gak gampang hancur.
Periodontium-jaringan periodontal, supaya gigi ini punya daya redam dan menempel ke tulang rahang diciptakanlah suatu jaringan lunak yang dikasih nama periodontal, kalo Agus pegang gigi Agus pasti ada goyang sedikit, sangat sedikit dan mungkin kalo buat orang awam gak terlalu kelihatan padahal aslinya ada jaringan ini di sekitar akar gigi yang memungkinkan gigi itu bisa bergerak dan melekat..hihi.hi..pusing gaaa Gus..ini saya ceritain biar Agus mau lebih perhatian lagi sama giginya..
Gums-gusi...terlepas dari struktur yang kerasnya di bagian rahang kita ada gusi yang melingkari gigi , taulah yaah kalo gusi..yang warna pink..kalo di mulutnya para perokok biasanya gusinya ada warna kehitam-hitaman tapi ada juga yang memang udah bawaan dari lahir ada pewarnaan hitam..di gusi inilah biasanya terjadi sariawan..terus gusi ini juga punya fungsi ngelindungin akar gigi biar gak terlalu sensitif sama rangsangan makanan dan minuman."

"Oh gituuu yaaa dok" sesal Agus karena terlambat buat menyadari kesalahannya, "terus saya harus gimana?"

"Yuu kita ke kursi gigi aka dental chair, biar saya lihat kondisi gigimu" jawab dokternya dengan singkat.

"hmmm..walopun gue kesakitan pas lagi ngedengerin kuliah singkat dari si dokter..tapi lumayanlah buat referensi" gumam Agus dalam hati..

kisah berikutnya pun berlanjut di kursi gigi pertamaku

Comments

Post a Comment